Senin, 22 Februari 2010

1.1. Darah

Berikut adalah penjelasan-penjelasan ttg darah yang akan saya bahas dalam bentuk rangkuman .

1. Dalam tubuh manusia terdapat 2 macam sistem peredaran darah, yaitu sistem peredaran darah besar dan sistem peredarah kecil.

2. Secara umum, sistem peredaran darah diperlukan sbg alat transportasi zat-zat yg diperlukan oleh tubuh manusia, misalnya makanan dan oksigen; membawa sisa metabolisme, misalnya karbon dioksida.

3. Fungsi darah adalah sebagai alat pengangkut sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh; mengangkut zat sisa metabolisme seperti karbon dioksida ke alat ekskresi; sbg pengangkut hormon dari kelenjar hormon le organ sasaran; sbg pengatur suhu tubuh; sbg pengangkut ion garam utk menjaga keseimbangan pH cairan tubuh; sbg pertahanan tubuh.

4. Darah tersusun atas plasma darah dan sel-sel darah.

5. Berdasarkan struktur dan fungsinya, sel-sel darah digolongkan menjadi 3, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).

• Eritrosit bewarna merah karena mengandung hemoglobin yg mempunyai daya ikat terhadap oksigen dan karbon dioksida; tidak berinti, berbentuk bikonkaf; terbentuk di sumsum merah tulang pipih.
• Leukosit tidak bewarna; memiliki inti; bentuk tetap; berfungsi melawan kuman yang masuk dalam tubuh; bebentuk pada sumsum tulang dan kelenjar limpa.
• Trombosit tidak berinti; bentuknya tidak teratur; berperan dalam proses pembekuan darah.


Proses pembekuan darah terjadi dalam beberapa tahapan berikut.

• Saat terjadi luka, trombosit pecah dan mengeluarkan trombokinase atau tromboplastin.
• Trombokinase akan mengubah protrombin menjadi thrombin.
• Trombin mengubah fibrinogen menjadi fibrin yang berbentuk benang-benang dan menjerat eritrosit. Kemudian, akan menggumpal dan darah membeku.


Photobucket

Ket :
• X → Vitamin K
• Y → Fibrin


7. Oleh Landsteiner golongan darah dibedakan menjadi 4 golongan yaitu golongan A, B, AB, dan O. Berdasarkan ada atau tidaknya aglutinogen dalam eritrosit dan agglutinin dalam plasma darah.


sumber : buku Tinta Biologi untuk SMA dan MA

0 komentar:

Posting Komentar